About

Tuesday, November 15, 2011

Hobi baru dan rutinitas

Minggu minggu ini, ada kegemaran baru agi dan yoshi. Setiap selesai makan, mereka akan mengambil kursi kecil, lalu mereka naiki dan mulai mencuci piring di dapur. Mama sih seneng banget karena pekerjaan cuci mencuci piring jadi agak ringan. Yaah, walau mereka baru bisa mencuci piring bekas makanan mereka doang, yang penting adalah mereka semangat melakukannya. Untuk barang barang yang lebih besar, tentu saja tetap mama yang mencuci. Hobi baru ini juga membuat mereka beradu siapa yang lebih cepat menyelesaikan makanannya. Biasanya, mereka ngadep piring masing masing sambil ngobrol, jadi waktu makan mereka agak lama.

Selain mencuci piring, agi juga sudah bisa menyapu rumah dengan bersih. Biasanya agi akan menyapu rumah setelah selesai mencuci piringnya. Gadis kecil itu memang anak baik. Walau kelihatan sepele, tapi agi melakukan hal hal itu dengan riang tanpa paksaan. Mama yakin, agi akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab, santai tapi disiplin, easy going tapi tetap berusaha yang terbaik.

Sejak kecil, rutinitas yang dilakukan agi dan yoshi tidak banyak berubah. Nyaris sama walau mereka sudah agak besar. Bangun pagi, sholat subuh, mandi, sarapan lalu berangkat sekolah. Pulang sekolah, mengerjakan PR, sholat dhuhur, tidur siang sebentar. Makan, main sebentar/main games, mandi, sholat ashar, mengaji, main lagi. Solat magrib, belajar, makan malam, nonton TV/main games, sholat isya dan kemudian paling telat jam 9 malam sudah berangkat tidur malam.

Rutinitas akan membuat hidup teratur dan tanpa disadari anak anak berlatih disiplin. Walau kadang kadang, waktu belajar hanya sebentar tapi mereka terbiasa selalu membaca atau mengerjakan soal soal latihan. Tak harus lama lama, yang penting agi dan yoshi siap untuk pelajaran hari esok. Semoga kedisiplinan dan kebaikan ini akan selamanya.


--
sent using Ipad

No comments: