About

Monday, November 14, 2005

catatan mudik I @Demak

Gambar di sebelah menggambarkan sebagian dari persiapan mudik dek agi. lumayan banyak sih, sampai-sampai mama papa musti membawa baju sedikiiit sekali, agar bekal kita tidak semakin banyak.

Kami berangkat dari jakarta, hari sabtu 29 okt 2005 jam 11 siang, naik kereta api dari gambir. dari rumah ke gambir, papa pesen taksi kosti, kebetulan pool nya dekat rumah kami. mama sengaja pake kosti, karena kalo pake taksi yang mobilnya baru,tarifnya juga baru dan pasti bakal ngedumel bayarin taksinya.

Sampai di gambir, jam 10 siang, masih ada waktu sejam untuk istirahat. Setengah jam kemudian, kami naik ke lantai dua, menuju tempat kereta kami (Kamandanu Lebaran). Saat kereta mau berangkat, dek agi nangis, karena ternyata papa ga ikut kereta kami. papa masih musti masuk kantor sampe tanggal 1 Nov. Tapi tak lama kemudian, dek agi udah ceria lagi di kereta. dek agi pengennya jalan2 mulu di kereta.

Sampai di sta Tawang, Semarang, jam 17.30 WIB, kami sudah dijemput pak dhe midun dan bu dhe ita. kami langsung menuju ke arah Demak. mampir sebentar di dekat mesjid Agung Demak, beli bakso balungan. Kami akhirnya sampai di rumah mbah Demak jam 19.30 WIB. saat itu, dek agi tidur dalam gendongan mama. Tiba2 saat terbangun, dek agi langsung nangis kejer. dek agi nangis ga mau berhenti selama kurang lebih 2 jam lamanya.

Sampai jam 10-an malam, dek agi masih tetep ga mau masuk ke rumah mba demak. akhirnya mama putusin ngajak dek agi ke mobil aja. Sampai jam 1 pagi, dek agi masih rada nangis dan ngeri. Karena kecapekkan, dek agi mau tidur (di mobil) selama 2 jam. Jam 3 pagi, udah bangun dan tidak mau bobo lagi. Mama dan semua orang, akhirnya tidak tidur juga, karena kasihan liat mama dan dek agi.

Siangnya, hari minggu, tiap kali mama ajak dek agi masuk ke rumah mbah demak, dek agi masih nangis kejer. dek agi juga ga mau lepas dari gendongan mama, ga mau digendong ama orang lain, apalagi maen di bawah, bener2 ga mau. mama sampai kecapekkan dan kadang ikut nangis kalo dek agi lagi nangis kejer. malamnya dek agi terpaksa diungsikan ke rumah mbah tomo. mama yakin, dek agi ngeri ama rumahnya mbah demak, karena rumahnya terbuat dari kayu jati dengan atap yang tinggi, jadi terkesan gelap, dan rumahnya juga luas banget. ini bertolak belakang dengan rumah kontrakan dek agi di jakarta, yang kecil dan terang. jadi, mama mutusin untuk sementara kami nginap dulu di rumah mbah tomo, yang rumahnya terang dan plafon nya ga terlalu tinggi serta temboknya bercat putih. pagi dan siangnya, baru kami balik ke rumah mbah demak lagi.

Selama 2 malam, dek agi nginap di rumah mbah tomo. Hari Selasa, tgl 1 siang,papa berangkat dari jakarta dengan kereta Kamandanu Lebaran juga. mama berusaha sebisa mungkin ngajak dek agi maen di luar rumah mbah demak, ngejar kodok dan cicak, jam 8 malam, waktu papa datang, dek agi udah mau tidur di rumah mbah demak, tapi tidur di depan tivi depan, alias tidur di bawah.

Papa juga udah dipesenin ama mama, untuk membawakan bantal dan sarung bantal dek agi dari jakarta. karena selama tidur di demak, dek agi ga mau makai bantal milik siapapun. ah dek agi, sampai segitunya yah?

No comments: